Jumat, 12 Juli 2013

RAMADHAN PERTAMA DIBALIK TUGAS STUDIO PERANCANGAN ARSITEKTUR 1


Tak terasa Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini kini telah datang, saya sangat senang apabila bulan Ramadhan telah tiba karena disaat bulan Ramadhan kita dapat menjalankan ibadah puasa dan shalat Tarawih pada malam hari dan kita dapat beribadah secara maksimal. Namun, disaat bulan Ramadhan ini saya sedikit merasa sedih karena saat awal puasa ini kita memiliki tugas perkuliahan yang cukup banyak. Dan diawal puasa kali ini saya lebih menyibukkan diri untuk menyelesaikan tugas-tugas.
Bulan Ramadhan kali ini saya lalui dirumah dengan sendiri karena orang tua berada diluar kota. Disore hari sepulang saya kuliah saya bergegas pulang dengan cepat agar tiba dirumah lebih cepat agar tidak terkena macet saat di perjalanan dan cepat untuk menyiapkan untuk esok hari yang sudah mulai sahur pertama dan lebih cepat untuk mengerjakan tugas.
Sesampai tiba depan komplek perumahan saya membeli makan untuk makan sahur nanti, karena saya tidak sempat untuk memasak karena saya lebih fokus untuk menyelesaikan tugas Mata Kuliah Stusdio Perancangan Arsitekur 1.
Setiba dirumah saya langsung makan lalu mandi wajib karena esok harinya akan menjalankan ibadah puasa dan apabila akan berpuasa kita semua harus dalam kadaan bersih dan suci. Perasaan setelah mandi saya sangat senang sekali karena sungguh tak terasa saya dapat menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini, kemudian saya beranjak untuk melanjutkan ibadah shalat Ashar.
Karena dirumah saya sendirian, dan sesudah shalat Ashar sambil menunggu untuk Adzan Magrib  berkumandang saya melanjutkan kegiatan saya untuk membereskan kamar tidur saya dan membereskan rumah dan memulai untuk memasak nasi untuk persiapan sahur nanti. Semua pun beres setelah saya bereskan semuanya, Adzan Magrib pun berkumandang dan saya lanjutkan untuk mengambil air wudlu, dan dilanjutkan shalat Magrib.
Dikarenakan kita semua terkejar oleh deadline tugas Studio Perancangan Arsitektur1, saya pun berusaha secepat mungkin untuk mengerjakannya. Saya pun memulai untuk mengerjakan tugas tersebut. Sebenarnya saya merasa sedih karena puasa kali ini saya lalui dengan sendiri, dan saya tidak bisa mengikuti Shalat Tarawih berjamaah di Masjid depan komplek. Maka saya memutuskan untuk menjalankan ibadah Shalat Tarawih di rumah sendiri.
Saya memulai mengerjakan tugas Studio Perancangan Arsitektur 1 pada jam 19:00, tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 22:00, dan saya baru teringat saya belum Shalat Isya dan shalat Tarawih. Karena saya merasa lelah saya pun istirahat sejenak lalu makan malam sambil menonton televisi, namun karena saya teringat oleh tugas maka saya bergegas untuk beraktivitas semuanya dengan cepat.
Saat saya sudah tidak merasa kelelahan saya pun menyegerakan untuk shalat Isya dan Tarawih. Sesudah saya shalat saya lanjutkan kembali untuk menyelesaikan tugas Studio Perancangan Arsitektur1. Suhu dimalam hari pun kian mendingin dan membuat saya lebih tenang untuk mengerjakan tugas, karena dengan asiknya mengerjakan tugas dan tak terasa ternyata jam sudah menunjukkan pukul 02:00.
Karena saya teringat selanjutnya akan menjalankan ibadah puasa dan saya merasa badan saya butuh istirahat maka saya memutuskan untuk menunda pekerjaan tugas tersebut. Tak lupa sebelum tidur saya memasang alarm karena saya takut bangun terlambat ketika sahur dan saya tidak ada yang membangunkan, saya memasang alarm agar terbangun jam 03:30. Namun karena saya lelah sehingga saya tidur dengan  lelap.
Dengan lelapnya saya tertidur dan dengan asiknya tertidur suara telpon dan alarm pun tak terdengar. Ternyata ibu saya tetap memperhatikan saya dengan menelpon saya dari jauh luar kota agar saya terbangun dan sahur. Selain suara telepon suara alarm yang berbunyi pun tetap berbunyi. Alarm berbunyi berulang kali dan telpon terus berdering.
Tiba-tiba handphone saya berbunyi kembali namun berbunyi bukan karena dengan suara panggilan telepon namun karena suara sms dari seseorang saya pun terbangun. Ketika saya melihat jam ternyata jam sudah menunjukkan pukul 03:59, saya terkejut langung saya menyiapkan sahur dan memulai untuk makan. Saya makan pun dengan tergesa-gesa, dan ternyata seberes saya makan saya langung bergegas menghapiri kulkas untuk mengambil susu lalu meminumnya seusai beres minum susu, ternyata adzan subuh pun berkumandang saya terkejut berarti disaat saya makan saya telah melewati masa imsak, dan saya pun hanya bisa tertawa mentertawakan diri saya yang konyol karena terlelap tidur.
Begitu saya telah benar-benar tersadar dari bangun tidur saya, saya melihat handphone ternyata ibu saya menelpon saya sebanyak 7 kali. Ibu pun merasa tidak tenang sehingga ibu saya menelpon menanyakan dimana keberadaan dimana saya berada. Ibu pun ternyata menghubungi ayah teman saya untuk menanyakan diman saya berada, ternyata dibalik lelapnya saya tidur semua sibuk mencari saya.  Dan saya pun langsung membalas semuanya dan saya menjelaskan bahwa saya terlelap dengan pulas karena kelelahan tuga tersebut.
Lalu saya pun berlanjut untuk Shalat Shubuh, lalu memulai mengerjakan tugas tersebut. Karena deadline tugas tersebut dikumpulkan hingga jam 12:00, saya pun terus memaksimalkan untuk menyelesaikannya. Selama saya bertugas saya tetap berkomunikasi dengan teman-teman untuk menanyakan tugas dan saling menyemangati untuk tetap bertugas.
Begitu saya melihat jam, ternyata sudah menunjukkan pukul 11.00 dan saya pasrah terhadap tugas tersebut, karena saya takut terlambat saya mengakhiri dan membereskan tugas tersebut dilanjut untuk mandi bergegas berangkat ke kampus. Setibanya di kampus ternyata jam sudah menunjukkan pukul 12:15 dan saya kumpulkan tugas tersebut.
Karena merasa lelah saya dan teman-teman ingin melanjutkan untuk shalat Dzuhur dan istirahat sejenak dikostan teman saya. Walaupun kita sedang puasa kita semua berkumpul dengan senang karena telah beres tugas kuliah tersebut. Dan kami melanjutkan untuk menonton film bersama di laptop teman, dan tidak lupa memfoto kegiatan kita untuk tugas mata kuliah Media Pembelajaran.
Setelah beres kita menonton film saya bergegas untuk pulang kerumah agar setiba dirumah bisa menyiapkan untuk berbuka puasa. Setibanya di rumah saya berbuka puasa sendiri dan melanjutkan shalat Magrib. Dan kali ini saya merasa lalah sekali karena tadi semalaman saya tidur hanya 2 jam. Maka kali ini saya shalat Tarawih diruma sendiri lagi, lalu meneruskan untuk tidur istirahat karena besok ada kuliah lagi di pagi hari.
Dan dari hari pertama kegiatan saya berpuasa saya hanya bisa berdoa kepada Allah SWT “Ya Allah,,,, Tolong berkahilah puasaku di awal puasa ini hingga akhir hari yang penuh dengan kemenangan, berilah kekuatan pada hambaMu ini, agar dikuatkan dengan semua permasalahan dan kegiatan yang saya jalani di bulan Ramadhan ini, yang Engkau berikan Ya Allah, dan berilah ketabahan dan hidayah Mu Rabb. Dan tetap lindungilah dan sayangi orang-orang yang saya sayangi....” Amin Ya Rabb. J [Firda Rafika Amalia, 01 Ramadhan 1434H]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar